Minggu, 12 Mei 2013

Wanita itu Tulang Rusukmu

Bukan dari tulang ubun ia dicipta
Sebab berbahaya membiarkannya dalam sanjung dan puja
Tak juga dari tulang kaki
Karena nista menjadikannya diinjak dan diperbudak

Tetapi dari rusuk kiri
Dekat ke hati untuk dicintai
Dekat ke tangan untuk dilindungi

Saya terperanjat ketika mendengarkan sambutan pelepasan wisuda oleh dekan Fakultas Teknik salah satu universitas terkemuka di Semarang. Disela-sela nasehat kelulusan, beliau sedikit bergumam tentang perkinakahan, jodoh, dan akhirnya terkerucut pada sebuah subyek yang bernama wanita.
Beliau mendefinisikan wanita sebagai makhluk paling susah untuk dimengerti. Diamnya wanita penuh misteri. Tak bisa dijelaskan memakai rumus manapun. Tetapi beliau berpesan agar menempatkan wanita pada posisi yang tepat. Wanita janganlah terlalu dimanjakan. Tetapi jangan pula dijadikan budak pelaksana semua perintah. Anggaplah wanita sebagai sahabat hidup yang sejajar.
Ada pepatah yang mengatakan bahwa wanita berasal dari tulang rusuk kiri laki-laki. Jika kita maknai secara bahasa, nampaknya hal ini kurang tepat. Tidak ada perbedaan antara struktur anatomis rusuk laki-laki dan perempuan. Laki-laki juga tidak mengalami kehilangan rusuk tertentu.
Akan tetapi mari kita memaknai secara istilah. Wanita berasal dari rusuk kiri karena disiitu ada organ yang sangat vital dalam mengatur perasaan manusia. Organ tersebut adalah Qolb atau yang lebih umum disebut heart. Heart sebenarnya merujuk ke istilah jantung. Tapi orang Indonesia telah menyalah artikan sebagai hati. Ingatlah, wanita sangat layak tuk dicintai.
Rusuk juga dekat dengan tangan. Seberapa kuat dan perkasanya seorang wanita, dia tetap membutuhkan penjagaan dan pengawasaan dari laki-laki. Bahkan salah seorang wanita pernah bilang kalau puk-puk laki-laki itu bisa menentramkan hati. Wawww.
Setelah  menemukan tulang rusuk, jadilah tulang punggungnya. Jadilah satu kesatuan yang kuat dan tak terpisahkan dalam sebuah ikatan suci pernikahan. Secara anatomis, susunan tulang rusuk dan tulang punggung adalah pelindung utama berbagai organ penting di dalam tubuh. Pelindung dari sesuatu yang sangat penting, yaitu kemurnian CINTA.

0 komentar:

Posting Komentar